penyebab bibir kering dan gatal

Kenali Penyebab Bibir Kering dan Gatal

Gejala bibir kering acapkali disertai dengan keluhan bibir yang gatal dan perih. Meski sebenarnya kedua kondisi ini adalah dua hal yang berbeda. Bibir kering memang biasanya hanya efek dari udara kering. Tetapi bila disertai keluhan gatal dan perih, bisa jadi ini masalah serius. Apa sebenarnya penyebab bibir kering dan gatal?

Mengutip dari ulasan cantikq.com, dijelaskan bahwa kondisi bibir kering dan gatal tidak bisa dianggap sepele. Bisa jadi ada penyebab khusus hingga bibir terasa kering dan gatal. Dan ternyata penyebab khusus ini perlu ditangani dengan pengobatan medis. Lebih dari sekedar penggunaan pelembab bibir biasa.

penyebab bibir kering dan gatal

Apa sebenarnya penyebab bibir kering dan gatal tersebut? Berikut ulasannya.

Cheilitis

Peradangan bibir adalah penyebab utama bibir terasa kering dan gatal. Penderitanya akan mendapati bibir mereka kering, mengelupas, kemerahan, tampak garis garis luka disertai dengan rasa perih dan gatal.

Cheilitis sendiri memiliki banyak penyebab. Ada jenis Eczematous Cheilitis, yang merupakan jenis paling umum. Pada umumnya ini berkaitan dengan gejala alergi, hingga penderita mengalami gejala serupa eksim namun pada bibir. Kadang penderitanya juga rentan untuk mengalami gejala eksim atau kulit kering iritasi pada area kulit lain.

Pada umumnya jenis Eczematous Cheilitis ini terjadi karena kontak bibir atau wajah dengan unsur allergen. Bisa berupa efek penggunaan make up, makanan tertentu, obat tertentu, penggunaan pasta gigi dengan kandungan tertentu, penggunaan kawat gigi, penggunaan gigi palsu atau efek paparan karet dan plastik.

Jenis Chelitis lain yang juga kerap menjadi penyebab bibir kering dan gatal adalah Angular Cheilitis. Ini merupakan kondisi peradangan bibir pada area sudut. Biasanya ditandai dengan area sudut bibir yang terasa kaku, mengeras, pecah pecah dan tampak iritasi.

Penyebabnya juga beragam, mulai dari efek alergi, biasanya karena alergi makanan atau penggunaan perangkat logam seperti pada pemakaian gigi palsu atau kawat gigi. Beberapa orang mengalami kondisi ini karena kontur mulutnya yang menyebabkan seringnya terjadi penumpukan liur pada tepi bibir.

Jenis penyebab lain adalah Actinic Cheilitis. Jenis peradangan bibir yang disebabkan oleh efek paparan sinar matahari. Biasanya pada jenis ini,  peradangan yang muncul juga disertai dengan efek pembengkakan dan luka luka yang tidak kunjung mengering.

Pada banyak kondisi, jenis penyebab bibir kering dan gatal satu ini bisa jadi adalah kondisi pra kanker. Ini karena efek paparan sinar UVA dan UVB merusak jaringan bibir dan menyebabkan gangguan perkembangan jaringan.

Kandidiasis

Kandidiasis adalah kondisi infeksi jamur yang terjadi pada mulut. Jamur candida memang acapkali menyebabkan gangguan peradangan pada mulut, termasuk bibir. Sebenarnya jamur candida memang lazim hidup dalam area berlendir seperti mulut. Keberadaannya tidak selalu menimbulkan masalah.

Tetapi pada kadar berlebihan jamur ini akan menyebabkan terbentuknya lapisan keputihan di area infeksi dengan efek rasa kebal, tebal, disertai rasa perih gatal. Dan bila jamur ini menyerang bibir, bibir akan tampak menebal, kemerahan namun tampak seperti ada lapisan tipis disertai dengan efek kering, pecah pecah dan gatal.

Herpes simplex

Infeksi mulut yang juga kerap muncul pada area mulut adalah infeksi dari herpes simplex. Ini merupakan jenis virus yang lazim menyerang area berlendir seperti mulut. Virus ini sebenarnya banyak menyerang area genital dan lazim menulari mulut akibat aktivitas seks oral.

Gejala yang khas dari herpes simplex adalah keberadaan lepuhan kecil dan tipis di area bibir dengan rasa gatal sedikit panas. Pasien juga mungkin mengalami efek demam ringan sebagai efek serangan virus.

 

Itulah beberapa penyebab bibir perih dan gatal yang lazim muncul. Bila Anda ingin memahami lebih lanjut bagaimana penanganan keluhan bibir perih dan gatal, Anda bisa menilik lebih lanjut pembahasannya di laman cantikq.com.