Beragam Manfaat Olahraga

Olahraga mempunyai sangat banyak sekali manfaat mulai dari memperbaiki fungsi organ tubuh, mencegah penyakit, dan memelihara serta meregenerasi organ tubuh. Olahraga bukanlah cara pengobatan namun cara untuk mencegah beragam penyakit. Dan karena ini “hanya” mencegah maka olahraga bukanlah kegiatan yang cukup populer dibandingkan rebahan seharian sambil bermain ponsel berjam-jam sampai begadang.

Dengan gaya hidup yang “serampangan” dan menggunakan organ tubuh dengan “semena-mena” menyebabkan tubuh menjadi rusak yang kita sebut sakit. Namun banyak yang tak menyadari bahwa organ tubuh kita mempunyai hak nya masing-masing. Sebagian menuntut untuk digunakan dalam aktivitas dengan maksimal, maka berolahraga adalah caranya. Sebagian organ tubuh menuntut hak nutrisi, maka kita memberikan makanan yang bergizi.

Agar tidak berlama-lama lagi, berikut beragam manfaat berolahraga yang bisa anda dapatkan.

 

1. Mencegah penyakit stroke

Stroke adalah penyakit dimana pembuluh darah di otak pecah atau tersumbat sehingga mempengaruhi fungsi motorik atau fungsi pikir seseorang. Otak memerlukan banyak sekali energi dan asupan oksigen dan satu-satunya jalan masuknya adalah pembuluh darah dengan pecah atau tersumbatnya pembuluh darah di otak maka otak akan “mati” pada sebagian bagian.

Dengan berolahraga maka nantinya aliran darah akan menjadi lancar, oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan sel otak akan masuk dengan lancar dan ini akan mencegah penyakit stroke yang amat berbahaya.

 

2. Mencegah serangan jantung

Sama seperti stroke hanya saja terjadi pada pembuluh darah di jantung. Pembuluh darah di jantung mengalami masalah penyumbatan dan karena penyumbatan tersebut menyebabkan jantung gagal berfungsi yang disebut gagal jantung.

Olahraga adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit jantung karena ketika berolahraga jantung akan memompa dengan cepat dan dengan begitu maka jantung akan kuat, terhindar dari kardiovaskular dan masalah lainnya yang biasanya terjadi di jantung.

 

3. Umur panjang

Alasan mengapa orang di daerah perkampungan banyak orang yang berumur panjang adalah karena mereka menggunakan fisik mereka dengan sangat baik. Dengan aktivitas fisik yang dilakukannya menjadikan tubuh seseorang menjadi senantiasa bugar dan menikmati hidup lebih panjang ketimbang orang kota yang setiap hari menatap layar komputer untuk mencari nafkah.