Cara Memilih Degan yang Bagus Beserta Manfaat Air Degan Untuk Tubuh

Siapa yang tidak suka degan Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara memilih degan yang bagus beserta manfaat air degan untuk tubuh.

Cara Memilih Kelapa Muda yang Bagus

1. Perhatikan Kulit Kelapanya

Yang namanya kelapa muda pasti kulitnya masih hijau muda. Kelapa yang kulitnya terlalu cokelat, bisa dipastikan itu adalah kelapa yang sudah tua. Selain itu, perhatikan juga sabut kelapanya, karena kelapa muda yang memiliki serabut kulit berwarna coklat menandakan bahwa kelapa tersebut telah mengalami pematangan yang cukup pada pohonnya.

Jadi, jika ada kelapa muda yang berwarna hijau muda dan memiliki sedikit serat kulitnya berwarna cokelat, kemungkinan besar kelapa tersebut adalah kelapa muda yang masih segar dan baik untuk dikonsumsi.

2. Lingkaran di Ujung Batok

Saat melihat buah kelapa yang ingin dibeli, jangan lupa untuk memeriksa bagian ujung batoknya. Di ujung batok biasanya ada lingkaran yang menandakan kelapa masih muda atau terlalu tua. Kelapa muda mempunyai lingkaran yang tidak terlalu lebar. Sebaliknya, jika kelapa terlalu matang atau tua, lingkarannya akan sangat lebar.

 Bila kalian ingin membuka usaha degan gunakan mesin pengupas kelapa dan mesin penghancur es balok untuk mempermudah dalam memulai usaha kalian.

3. Guncangkan Kelapa

Cara memilih kelapa muda yang baik dan yang paling umum digunakan adalah mengocok kelapa untuk memperkirakan berapa banyak air yang ada di dalamnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kelapa muda mengandung lebih banyak air daripada kelapa tua.

Jadi, saat kelapa dikocok, dekatkan telinga ke kelapa. Jika Anda mendengar suara gemericik air di dalamnya, berarti kelapa tersebut masih sangat segar. Sedangkan jika Anda tidak mendengar suara apapun dari dalam kelapa atau suara pengadukan airnya lemah (airnya sedikit), jangan beli kelapanya karena kelapanya sudah tua.

4. Tepuk-tepuk Kelapa

Setelah mendengarkan suara air yang dipukul di dalam kelapa, jangan lupa untuk menepuk-nepuk tempurung kelapa. Ini adalah cara memetik kelapa muda yang baik melalui getaran yang Anda rasakan saat Anda menepuk kelapa.

Jika Anda merasakan getaran yang berasal dari dalam kelapa, bisa dipastikan bahwa kelapa mengandung daging yang seperti lendir, yang berarti dagingnya masih sangat tipis dan mudah disendok.

Sedangkan jika anda tidak merasakan getaran pada kelapa saat diketuk, maka daging kelapa sudah agak kental dan butuh tenaga dalam menyendok daging kelapa Kelapa dengan daging yang terlalu kental adalah kelapa tua. Saat membeli kelapa, sebaiknya pilih langsung kelapanya untuk menghindari pedagang yang tidak bermoral.

Pasalnya, jika Anda terlalu baru memilih kelapa dan menyerahkan pemilihan kelapa muda kepada para pedagang, kalian tak akan tahu bila kelapa yang dipilih adalah kelapa yang cukup tua serta kandungan air di dalamnya tidak terlalu banyak.

 

Manfaat Minum Air Kelapa Muda 

1. Meredakan Sakit Kepala

Meminum air kelapa muda pada saat pagi hari untuk membantu meredakan sakit kepala. Air degan muda mengandung berbagai elektrolit untuk mengatasi dehidrasi. Selain hal itu, kandungan magnesium dalam air kelapa juga bisa meredakan migrain. Tidak perlu khawatir meminum air kelapa sebelum sarapan pagi karena kandungan asam dalam air kelapa sangatlah rendah jadi tidak menyebabkan asam lambung naik.

2. Sistem Pencernaan yang Sehat

Air degan muda ini, merupakan obat alami yang bekerja untuk semua jenis pencernaan. Jika Anda sedang mengalami diare, minumlah segelas air kelapa muda saja. Tidak hanya untuk diare, air kelapa muda juga sangat dianjurkan untuk mengatasi sembelit, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

 

Itulah pembahasan kali ini tentang cara memilih degan yang bagus beserta manfaat air degan untuk tubuh.