Mengenal Arti Tong Sampah 3 Warna

Apakah kamu tahu arti warna pada tempat sampah di tempat umum? Biasanya tong sampah 3 warna ini menghiasi sudut kota. Jadi dengan adanya tempat sampah beda warna ini untuk memudahkan petugas dalam mengolah berbagai jenis sampah dengan mudah.

Perlu kamu tahu bahwa setiap negara itu menerapkan warna yang berbeda dalam hal membedakan tempat sampah. Di Indonesia ada 3 jenis warna untuk membedakan jenis tempat sampah.

Ada warna kuning, merah, dan hijau yang setiap warna ini memiliki makna yang berbeda. Jadi sebagai masyarakat yang baik kamu harus tahu apa artinya warna tempat sampah tersebut.

Perbedaan Warna Pada Tempat Sampah di Indonesia

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa perbedaan tong sampah 3 warna. Adanya perbedaan warna ini bertujuan untuk memudahkan petugas dalam proses pemilihan dan pengolahan sampah dengan baik.

Tentu dengan melakukan pengolahan sampah dengan benar, itu artinya kamu membantu melestarikan lingkungan dan menjaga kesehatan lingkungan. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

1. Tempat sampah warna hijau

Tempat sampah berwarna hijau biasanya digunakan untuk sampah yang mudah terurai atau sampah organik. Jadi tong sampah berwarna hijau ini khusus untuk sampah-sampah organik yang berasal dari sisa makanan, sayuran, daging, ikan, dan sampah lainnya. Selain itu sampah kebun seperti rumput dan daun-daunan.

Pada tempat sampah warna hijau ini tidak boleh digunakan untuk membuang sampah jenis lain seperti pot, pasir, selang, bongkahan kayu, dan lainnya.

2. Tempat sampah warna kuning

Tempat sampah warna kuning biasanya digunakan untuk sampah-sampah yang mudah untuk didaur ulang. Jenis sampah yang mudah didaur ulang ini seperti sampah kardus, kertas, karton, kaleng minuman, kertas aluminium, dan botol bekas.

Nah, dengan adanya tempat sampah warna kuning ini akan memudahkan proses daur ulang. Sehingga sampah-sampah ini tidak tercampur dengan jenis sampah lainnya seperti sisa makanan, bekas lampu, bekas pakaian, dan lainnya. Mengingat jenis sampah-sampah tersebut tidak bisa didaur ulang.

3. Tempat sampah warna merah

Tempat sampah merah ini digunakan untuk jenis sampah yang berbahaya seperti bekas kemasan, popok, tali, selang, styrofoam, dan berbagai bekas barang mudah pecah. Pastikan tempat sampah merah ini tidak digunakan untuk limbah medis seperti jarum suntik, obat-obatan dan lainnya.

 

Demikianlah penjelasan mengenai tong sampah 3 warna untuk memudahkan pengolahan berbagai jenis sampah. Semoga dengan adanya penjelasan ini membuat kamu lebih paham mengenai arti 3 warna pada tempat sampah sehingga membuang sampah sesuai jenisnya.