Anda Wajib Tahu Ini Sebelum Menjadi Programmer Java

Bahasa pemrograman Java sampai saat ini masih memimpin sebagai bahasa pemrograman paling populer yang banyak digunakan di perusahaan besar. Java adalah solusi yang sempurna untuk perusahaan yang memiliki kebutuhan teknis khusus, seperti desktop, server, dan perangkat seluler. Anda bisa menjadi programmer Java dengan berbagai cara, termasuk mengambil Java kursus dan bootcamp pengkodean, tetapi penting untuk mengetahui apa yang dapat Anda harapkan saat memulai karir di bidang ini. Anda akan mempelajari cara membuat kode untuk ketiga jenis perangkat dengan Java, yang akan membuat resume Anda menonjol di antara kandidat lainnya.

Cara termudah untuk memulai pemrograman Java untuk pemula adalah dengan mengikuti kelas online. Salah satu pilihannya adalah kursus Intro to Java Programming dari edX, yang dapat Anda ikuti secara gratis.

Pilihan lainnya adalah kursus Pengantar Pemrograman Interaktif di Java Coursera, di mana Anda akan belajar cara membuat aplikasi desktop dengan bahasa pemrograman. Anda harus menghabiskan setidaknya 18 jam seminggu untuk studi Anda. Jika Anda mencari sesuatu yang lebih intensif, lihat kursus Intro to Java Programming Udacity, yang akan memakan waktu sekitar 40 jam seminggu.

Sedangkan untuk pilihan kursus Java online dalam negeri, Anda dapat mengikuti kursus Java Nextgen. Kursus Java Nextgen adalah kursus dengan metode yang inovatif. Anda akan mempelajari bahasa pemrograman Java dengan metode adaptive learning, sehingga Anda bisa seakan-akan bisa belajar sendiri secara otodidak dan juga online tanpa harus masuk ke ruang kelas.

Sekali lagi, ada lebih banyak cara untuk menjadi programmer Java,  termasuk mengambil kursus malam atau menghadiri program semester penuh di kampus-kampus, tetapi Anda harus menghabiskan 64 hingga 112 jam per minggu untuk studi Anda. Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari waktu Anda jika Anda mengikuti kursus dengan beberapa pengalaman pemrograman sebelumnya.

Setelah Anda menyelesaikan pelatihan Anda, Anda akan dapat menggunakan keterampilan Java baru Anda untuk digunakan dalam beberapa cara yang berbeda. Anda dapat melamar pekerjaan tingkat yang lebih tinggi seperti Senior Java Developer atau Java Development Engineer. Anda juga dapat bekerja lebih mandiri sebagai pekerja lepas, yang dapat menghemat uang perusahaan Anda.

Setiap programmer Java tingkat pemula akan memiliki keterampilan dasar yang sama, tetapi semakin Anda mahir, semakin banyak peluang yang akan Anda buka untuk diri sendiri. Sebelum memulai, penting untuk mengetahui apa yang Anda hadapi sehingga Anda dapat merencanakannya dengan tepat.