pasang gigi palsu di klinik gigi bekasi

Alasan Penting Mengganti Gigi yang Hilang Dengan Gigi Tiruan

Pencabutan gigi sebenarnya merupakan alternatif terakhir dalam perawatan gigi. Jika gigi utama dicabut pada usia tertentu. Maka gigi tidak akan bisa tumbuh lagi, jika hal tersebut terjadi sangat penting untuk mengganti gigi yang hilang dengan gigi tiruan.

Hal ini karena gigi yang dicabut pada usia di mana gigi tidak bisa tumbuh lagi. Maka akan menciptakan rongga pada gigi. Rongga ini terlihat seperti hal yang sepele. Namun, seiring dengan berjalannya waktu bisa memberikan efek yang kurang baik.

Sebenarnya dalam perawatan gigi, lebih disarankan untuk tidak mencabut gigi sama sekali. Apalagi pada usia di mana gigi sudah tidak bisa tumbuh lagi. Namun, jika hal tersebut terlanjur dilakukan.

Anda sangat perlu untuk membuat gigi tiruan untuk mengisi rongga tersebut. Itu juga yang menyebabkan pencabutan menjadi jalan terakhir dalam perawatan gigi. Terutama pada usia tertentu karena efeknya bisa tidak baik.

4 Alasan Mengganti Gigi yang Hilang Dengan Gigi palsu

pasang gigi palsu di klinik gigi bekasiSeperti yang dijelaskan sebelumnya, gigi yang dicabut akan menyebabkan rongga pada antara gigi. Awalnya mungkin rongga ini tidak akan menyebabkan masalah apapun. Namun, lambat laun akan menyebabkan masalah.

Misalnya, gangguan proses mengunyah makanan, mengganggu pengucapan ketika berbicara, sampai mengganggu estetika dari penampilan pasien. Berikut adalah 4 alasan mengapa sangat penting bagi pasien untuk mengganti gigi yang dicabut dengan gigi palsu untuk mengisi rongga.

1. Mencegah Posisi Gigi Bergeser

Secara alami, gigi-gigi yang berada di sebelah rongga gigi yang dicabut akan berusaha untuk mengisi rongga yang ada di dalam mulut tersebut. Karena itu seiring dengan berjalannya waktu posisinya akan bergeser mengisi rongga tersebut.

Karena itu, sangat penting bagi para pasien untuk memasang gigi palsu setelah mencabut gigi pada rentang usia di mana gigi tidak tumbuh lagi. Gigi palsu berfungsi untuk mengisi rongga dalam mulut dan mencegah gigi bergeser posisinya.

2. Makanan Mudah Masuk ke Celah Gigi

Jika gigi bergeser posisinya, maka ini akan menyebabkan terciptanya banyak celah pada gigi yang lainnya. Hal ini tentu saja menyebabkan sisa makanan menjadi lebih mudah masuk ke dalam celah gigi tersebut.

Karena celahnya sangat banyak dan ukuran yang bervariasi, tentu akan membuatnya sangat sulit dibersihkan dan tidak bisa bersih hanya dengan sikat gigi biasa saja.

3. Menyebabkan Penumpukan Karang Gigi

Karena gigi pada satu sisi dicabut, pasien akan mengandalkan sisi mulut satunya untuk mengunyah. Hal tersebut membuat karang gigi mudah terbentuk pada sisi tersebut. Hal ini karena daerah tersebut jarang dialiri oleh air liur.

Sedangkan, air liur sendiri memiliki fungsi pembersihan. Di mana fungsinya adalah untuk membersihkan bagian dalam gigi.

4. Membuat Bentuk Wajah Tidak Simetris

Jika dibiarkan dalam periode waktu yang lama. Pengisian rongga pada mulut oleh gigi ini akan membuat bentuk rahang berubah. Hal ini membuat bentuk wajah lama kelamaan menjadi tidak simetris. Terjadi kelainan bentuk pada satu sisi wajah saja.

Selain itu, ada pula resiko terjadinya gangguan rahang juga berkurangnya kemampuan mengunyah dari pasien. Karena itu, lebih baik gigi palsu segera dipasang sebelum menjadi semakin parah.

Itulah alasan mengapa harus segera mengganti gigi yang hilang dengan gigi palsu. Ternyata tujuannya tidak hanya sekedar soal estetika saja. Namun juga, untuk kesehatan rongga mulut. Karena jika dibiarkan, rongga dari gigi yang dicabut ini bisa berefek buruk dan jangka panjang bagi pasien.