gaji umr gresik

Gaji UMR Gresik Tahun 2022 Beserta Tahun Sebelumnya

Bagi kebanyakan orang, mendengar nama daerah Gresik, mungkin langsung terbayang produk semennya yang sudah tersebar di seluruh negeri, “Semen Gresik”. Namun sebenarnya bukan hanya pabrik semen gresik saja, masih banyak pabrik-pabrik dan potensi lokal lainnya, hal tersebut tentu mempengaruhi besaran UMR Gresik.

Karena banyaknya pabrik-pabrik di Gresik, maka kabupaten Gresik mendapat julukan kota Industri Jawa Timur. Beberapa Industri besar kabupaten Gresik yang menyokong perekonomian diasana antara lain seperti Nippon Paint, Semen Gresik, Industri Plywood, Petrokimia Gresik dan lain lain. Lalu berapakah gaji UMR Gresik Tahun 2022 yah?

gaji umr gresik

Gaji UMR Gresik dari Tahun ke Tahun

Sebagai kabupaten dengan julukan kota industri, maka tidaklah mengherankan jika UMR Gresik merupakan yang tertinggi ke-2 Jawa timur setelah Surabaya, berikut kami sajikan gaji UMR Gresik beberapa tahun kebelakang:

Tahun 2022 : Rp4.372.030,51

Tahun 2021 : Rp4.297.030,51

Tahun 2020 : Rp4.197.030,51

Tahun 2019 : Rp3.867.874,40

Melihat data diatas, ditahun 2022 gaji UMR Gresik naik sebesar Rp.75.000,-  yang secara resmi ditetapkan oleh gubernur Jawa Timur berdasarkan Surat Keputusan Nomor 188/803/KPTS/013/2021.

 

Potensi Kabupaten Gresik

Selain dengan berbagai industri yang ada di kabupaten Gresik, gresik juga mempunyai potensi sumber daya lain seperti, perikanan (laut, tawar), dan industri rumahan: garmen, pengrajin songkok, tas, emas dan perak.

Selain itu gresik adalah daerah pesisir pantai, tentu dapat dimengerti berdasarkan sejarah kata gresik memiliki arti “gunung di tepi pantai” melihat hal tersebut Gresik juga memiliki potensi wisata pantai dengan tebing-tebing yang eksotis.

Selain itu Kabupaten Gresik juga terdapat tempat keramat yang tidak pernah sepi didatangi pengunjung, yaitu makam walisongo Sunan Giri dan Syaikh Maulana Malik Ibrahim. Melihat begitu banyaknya potensi yang ada tidaklah heran jika pemerintah daerah mematok tinggi gaji UMR Gresik.

 

Rapor Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Gresik

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gresik menjadi salah satu yang terpesat dan terbaik di Jatim. Dimana pertumbuhan tersebut melesat hingga mencapai level 6,58% atau di atas rata-rata nasional. Hal itu juga dibarengi kemajuan pembangunan di Gresik yang berjalan sejajar dengan kemajuan sektor pelayanan publik. Demikian juga dengan pertumbuhan sektor Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Berdasarkan data tahun 2020, angka pertumbuhannya sudah mencapai level 83 triliun. Tingginya angka PDRB salah satunya karena pengaruh pesatnya pertumbuhan sektor industri dan jasa di wilayah Gresik.

 

Gresik yang Unik

Selain itu juga kabupaten gresik memiliki puluhan perguruan tinggi, hal tersebut membuktikan bahwa Gresik adalah kota yang sangat ramai dan tidak menutup kemungkinan banyak mengundang perantauan-perantauan untuk mengais rejeki di Gresik, baik menjadi karyawan ataupun wirausaha, dan tentu para pelajar yang menimba ilmu di Gresik kota Santri.

 

Demikian sedikit informasi tentang Gaji UMR Gresik, terimakasih telah berkunjung ya sobat berilmu.

Referensi Data UMR – Besargaji