Daerah Penghasil Nikel di Indonesia Sangat Banyak, Apa Sajakah Kegunaan Nikel?

Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang sangat melimpah, salah satunya adalah menghasilkan nikel yang cadangannya hingga miliaran ton, hal ini membuat Indonesia termasuk dalam salah satu negara penghasil nikel terbesar di dunia. Bahkan pada tahun 2020, diperkirakan telah menyumbangkan sekitar 25 persen produksi nikel dunia.

 

Daerah Penghasil Nikel di Indonesia

Nikel yang ada di Indonesia tersebar di Pulau Sulawesi, Maluku, dan juga Kepulauan Raja Ampat, akan tetapi sebagian besar memang berada di Pulau Sulawesi dan Maluku, hingga pada daerah tersebut ada beberapa perusahaan tambang nikel yang beroperasi dalam pengolahan bijih nikel.

Sedangkan di wilayah Kepulauan Raja Ampat, terutama di Pulau Gag, Provinsi Papua Barat, yang oleh pemerintah setempat dikelola sebagai hutan lindung, aktivitas pertambangan nikel yang dilakukan hanya sampai ke tahap eksplorasi saja dan hanya dilakukan pengambilan sampel untuk observasi nikel.

Kegunaan Nikel untuk Kehidupan Sehari-hari

Nikel mempunyai sifat yang tidak mudah korosi, maka dari itu tidak heran jika nikel ini banyak digunakan di berbagai bidang, diantaranya sebagai bahan dalam pembuatan berbagai peralatan elektronik, konstruksi bangunan, dan digunakan juga di industri otomotif. Kegunaan nikel pada berbagai bidang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah,

Peralatan elektronik

Peralatan elektronik memang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, dan perlu Anda ketahui bahwa  peralatan elektronik yang sering Anda gunakan tersebut memiliki kandungan nikel di dalamnya, contohnya pada smartphone dan laptop.

Arsitektur dan konstruksi bangunan

Selain berguna untuk membuat peralatan elektronik, nikel juga digunakan dalam bidang arsitektur dan konstruksi bangunan, biasanya konstruksi bangunan menggunakan baja tahan karat yang didalamnya terdapat kandungan nikel.

Penggunaan nikel dalam konstruksi bangunan ini ternyata memang sudah dilakukan sejak dulu, jadi bukan sesuatu yang mengherankan lagi. Contoh bangunan yang konstruksinya menggunakan baja tahan karat berbasis nikel adalah Empire State Building dan Chrysler, keduanya merupakan bangunan yang cukup terkenal di dunia.

Kendaraan

Kendaraan, baik itu kendaraan umum maupun kendaraan pribadi memang menjadi hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, pembuatan kendaraan modern sudah banyak yang menggunakan biji tahan karat dengan kandungan nikel yang ada didalamnya. Terlebih nikel ini memiliki bentuk yang kuat dan bobot yang ringan jika dibandingkan dengan logam lainnya, 

Militer dan kelautan

Nikel juga digunakan dalam bidang militer dan kelautan, dalam bidang militer biasanya digunakan untuk membuat senjata serta kendaraan perang, sedangkan dalam bidang kelautan biasanya digunakan untuk pembuatan kapal. Tentunya sifat nikel yang tahan korosi ini menjadi nilai tambah mengapa banyak peralatan yang menggunakan nikel.

Produk lainnya

Selain beberapa bidang yang telah dijelaskan sebelumnya, ada juga beberapa produk lainnya yang juga menggunakan bahan nikel, yakni pada pelapisan kaca, dan juga koin mata uang.

 

Selain Indonesia, ternyata ada negara lainnya yang juga menghasilkan cadangan nikel cukup banyak diantaranya adalah Filipina, Amerika Serikat, Australia Barat, dan Kaledonia Baru. Semakin hari pertambangan nikel semakin berkembang seiring dengan penggunaan nikel yang semakin banyak.

Salah satunya adalah PT Citra Lampia Mandiri yaitu perusahaan pertambangan indonesia yang mengelola pertambangan Nikel di salah satu daerah penghasil nikel di Indonesia yaitu Luwu Timur, Sulawesi Selatan, perusahaan pertambangan Nikel atau indonesia nickel mining lokal ini menerapkan Good Mining Practice, yaitu sistem penambangan yang mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan terencana dengan baik.