resep bakso ayam kenyal dan berserat

Resep Bakso Ayam Kenyal dan Berserat Serta Tips Agar Bakso Bertekstur Bagus

Untuk membuat bakso ayam yang lezat pastinya membutuhkan resep bakso ayam kenyal dan berserat. Apabila dulu bakso daging sapi lebih familiar dan banyak digemari oleh masyarakat, saat ini sudah banyak varian bakso yang tak kalah lezat.

Seperti bakso daging ayam atau bahkan bakso yang asalnya dari seafood, seperti bakso udang, kepiting, dan ikan hasil laut. Dengan begitu, kamu yang gemar mengkonsumsi bakso bisa mencoba bakso dari daging lain dan tidak akan bosan.

Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan dengan selera yang kamu suka dan budget yang kamu punya. Terlebih untuk bakso ayam yang mudah dibuat dan harganya lebih terjangkau. Sudah pasti daging sapi mempunyai harga yang jauh lebih mahal daripada daging ayam.

 

Bakso Ayam Kenyal dan Berserat

resep bakso ayam kenyal dan berserat

Kamu bisa dengan mudah membuat bakso daging ayam sendiri di rumah. Apalagi sekarang ini sudah ada teknologi yang bernama mesin pembuat bakso. Mesin tersebut bisa mempermudah kamu dalam membuat bakso dari awal sampai jadi.

Namun, kamu pastinya memerlukan beberapa tips dan juga resep bakso ayam kenyal dan berserat. Berikut ini tips dan resep yang bisa kamu ikuti.

1. Blender atau Giling Ayam Sampai Lengket

Kamu harus memastikan bahwa daging ayam yang akan dibuat bakso dihaluskan sampai lengket memakai blender atau mesin giling daging. Hal ini agar daging ayam bisa lebih banyak mengikat air yang bisa membuat tekstur bakso lebih baik walaupun hanya memakai sedikit tepung terigu.

2. Rebus Bakso dalam Air Panas

Saat adonan bakso sudah selesai kamu cetak, kamu harus segera memasukkan bakso tersebut ke dalam air yang suhunya panas. Hal ini agar bentuk bakso tak mengalami perubahan. Oleh karena itu, air yang dipakai harus air yang mendidih dan memakai api kecil saat bakso sudah masuk.

3. Menambahkan Baking Powder

Kamu perlu menambahkan baking powder pada adonan bakso daging ayam. Hal ini karena baking powder bisa membantu tekstur bakso yang dihasilkan lebih kenyal.

Tambahkan baking powder ketika sedang menghaluskan ayam bersamaan dengan bumbu lain. Jangan lupa juga untuk menambahkan bawang goreng, tepung tapioka, dan juga telur serta es batu secara bertahap.

4. Rebus Bakso Memakai Api Kecil

Setelah proses mencetak bakso selesai, sebaiknya jangan langsung memasukan bakso ketika air sedang mendidih. Hal ini agar bentuk bakso tak pecah dan tampilannya tetap bagus. Pastikan memakai api kecil saat memasak bakso daging ayam sampai matang.

Resep Bakso Ayam

Bahan yang dibutuhkan :

  • 400 gram dada ayam lalu dipotong menjadi beberapa bagian
  • 5 sendok makan tepung tapioka
  • ½ sendok teh baking powder
  • ¼ sendok teh lada bubuk
  • 8 buah es batu
  • 1 butir putih telur
  • 1 sendok teh bawang putih goreng
  • 1 sendok makan bawang merah goreng
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat :

  1. Siapkan panci, kemudian masukkan air dan panaskan sampai mendidih.
  2. Daging ayam bagian dada yang sudah kamu siapkan dihaluskan memakai mesin giling daging atau food processor sampai halus.
  3. Tambahkan kaldu ayam, garam, bawang putih goreng, bawang merah goreng, lada bubuk, baking powder, dan juga putih telur ke dalam daging ayam yang sudah halus. Nyalakan kembali mesin agar bahan tercampur secara merata.
  4. Tepung tapioka dimasukkan ke dalam adonan, nyalakan kembali mesin sampai tepung tapioka tercampur merata.
  5. Setelah itu adonan dipindahkan ke dalam mangkuk dengan ukuran yang agak besar.
  6. Matikan kompor yang dipakai untuk mendidihkan air. Lalu cetak bakso memakai tangan kosong dan dibantu dengan sendok. Jika sudah, langsung masukkan bakso ke air panas.
  7. Masak bakso dalam air panas dengan waktu 10 menit atau sampai matang memakai api kecil.
  8. Apabila sudah matang, angkat bakso lalu ditiriskan.
  9. Bakso daging ayam kenyal dan berserat siap disajikan atau disimpan dalam freezer jika sudah bersuhu ruang.