aneka kue basah

Aneka Kue Basah Tradisional yang Mempunyai Cita Rasa Khas

Walaupun ragam kuliner baru mempunyai banyak pilihan dan juga rasa, namun keberadaan aneka kue basah tradisional masih dicari oleh banyak orang. Rasa gurih yang khas dari kelapa parut menjadi alasan mengapa kue basah tradisional tetap mempunyai tempat dihati masyarakat.

Hingga saat ini, terdapat banyak jenis kue basah tradisional yang masih digemari oleh para pecinta kue. Untuk menjumpai penjual kue basah tradisional pastinya sangat mudah karena banyak dijual di pasar tradisional ataupun di toko kue.

 

Aneka Kue Basah Tradisional

aneka kue basah

Walaupun untuk menjumpai dan mendapatkan kue basah tradisional masih terbilang sangat mudah, namun tak ada salahnya kamu membuat sendiri kue tersebut. Selain kamu bisa merasakan lezatnya kue basah tradisional ini, kamu juga bisa menikmati proses pembuatannya.

Pastinya akan lebih puas apabila kita merasakan kue buatan kita sendiri karena telah melalui proses pembuatannya. Ada beberapa kue basah tradisional yang bahan pembuatannya memakai kelapa parut atau santan.

Tentunya untuk memisahkan antara batok kelapa dengan buah kelapa yang akan dijadikan kelapa parut kamu bisa memakai mesin pengupas batok kelapa. Dengan begitu proses pembuatannya pun akan semakin mudah. Berikut ini resep aneka kue basah yang bisa kamu coba di rumah.

1. Kue Lapis Beras Pandan

Bahan yang harus disiapkan :

  • 1 butir kelapa
  • 100 ml air pandan suji yang berasal dari 12 lembar daun suji dan 4 lembar daun pandan
  • 125 gram gula pasir
  • 4 kantong teh melati yang diseduh dengan 100 ml air panas

Adonan tepung :

  • 35 gram tepung tapioka
  • 130 gram tepung beras
  • ¼ sendok teh vanila susu
  • ½ sendok teh garam

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang dengan ukuran 20 cm × 10 cm × 6 cm dan olesi dengan sedikit minyak sayur. Kemudian beri alas daun pisang dan bagian atas daun pisang dioles dengan minyak sayur sampai rata.
  2. Kelapa yang sudah kamu siapkan dibelah dan dipisahkan antara buah dengan batoknya memakai mesin pengupas kelapa. Lalu parut buah kelapa dan beri air. Peras supaya menghasilkan santan sebanyak 625 ml.
  3. Setelah itu, santan dan gula direbus di atas api kecil sembari diaduk secara perlahan sampai gulanya larut. Jika sudah, angkat dan dinginkan.
  4. Adonan tepung dimasukkan ke dalam santan sembari disaring. Aduk sampai merata sempurna.
  5. Selanjutnya adonan dibagi menjadi 2 bagian. Satu adonan diberi air suji dan satu adonan lagi diberi air teh. Aduk kedua adonan sampai merata, lalu sisihkan terlebih dahulu.
  6. Tuang adonan hijau sebanyak 100 ml ke dalam loyang lalu ratakan. Kukus memakai dandang yang sudah dipanaskan memakai api sedang dalam waktu 5 menit. Kemudian tuang adonan teh sebanyak 100 ml lalu ratakan. Kukus kembali dalam waktu yang sama. Lakukan langkah tersebut sampai adonan habis tak tersisa.
  7. Apabila sudah adonan habis, kukus kembali sampai kue lapis tersebut matang kurang lebih selama 25 menit. Setelah itu angkat dan didinginkan. Potong-potong kue lapis tersebut sesuai selera.
  8. Kue lapis beras pandan siap disantap.

2. Resep Kue Putu

Bahan yang harus disiapkan :

  • 200 gram tepung beras
  • 3 lembar daun pandan
  • 150 ml air
  • 1 sendok teh pasta pandan
  • ½ sendok teh garam
  • Secukupnya gula merah yang disisir halus
  • Kelapa parut kukus yang ditaburi gula halus

Cara membuat :

  1. Siapkan panci, masukkan air, daun pandan, garam, dan pasta pandan. Rebus hingga mendidih lalu saring dan tunggu hingga menghangat.
  2. Kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit secara bertahap ke dalam tepung beras sembari diaduk dan juga diremas.
  3. Setelah itu, adonan tepung diayak memakai saringan kasar hingga menghasilkan butiran halus.
  4. Siapkan cetakan kue putu yang sudah dikukus, kemudian adonan kue putu yang sudah dibuat dimasukkan ke dalam cetakan. Lubangi tengah adonan memakai jari, lalu isi bagian lubang tersebut dengan gula merah yang sudah disisir. Lalu tutup lagi dengan adonan kue putu. Jangan terlalu padat agar kue putu tidak keras.
  5. Kukus adonan kue putu tersebut selama 20 menit memakai kukusan yang sudah dipanaskan. Gunakan api besar. Jika sudah matang, keluarkan kue putu dari cetakan, taburi dengan kelapa parut yang sudah dicampur gula halus.
  6. Kue putu siap disajikan bersama orang terdekat.