panduan belajar pemrograman web

Inilah Panduan Belajar Pemrograman Web Lengkap

Panduan belajar pemrograman web lengkap. Menjadi seorang programmer mungkin merupakan ambisi, impian atau cita cita sebagian orang. Nah apakah kalian termasuk salah satu orang yang ingin menjadi seorang programmer?

Jika iya maka artikel kali ini sangat penting untuk kalian baca. Hal ini dikarenakan kami akan memberikan panduan belajar pemrograman web yang lengkap. Bila kalian bertanya mengapa harus mulai dari web? Hal ini dikarenakan pemrograman desktop sekarang kurang diminati.

Jadi yang tersisa hanyalah pemrograman web atau pemrograman mobile saja. Namun bagi seorang pemula. Belajar pemrograman web terbilang cukup sulit. Selain itu butuh komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi yang cukup tinggi.

Sebenarnya masih ada satu jenis lagi yaitu pemrograman game atau biasa dikenal dengan game developer. Namun sama seperti mobile developer. Untuk menjadi seorang game developer kalian juga memerlukan komputer atau laptop dengan spesifikasi yang tinggi.

panduan belajar pemrograman web

Disamping itu pekerjaan seorang game developer juga terbilang sulit. Karena belum banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk seorang game developer, tidak seperti jasa pembuatan landing page yang cukup menjamur dan tidak terlalu susah.

Sedangkan untuk membuat game seorang diri itu cukup memakan waktu dan sulit. Terlebih kalian harus memasarkan game tersebut untuk bisa mendapatkan uang dari sana.

Oleh karena itulah web developer merupakan hal yang paling direkomendasikan bila kalian ingin terjun ke bidang IT.

 

Panduan Belajar Pemrograman Web

Nah pada artikel kali ini kita akan memberikan panduan mengenai alur belajar pemrograman web yang bisa kalian terapkan. Mulai dari awal sampai selesai.

1. HTML

Nah hal pertama yang biasanya dipelajari oleh para web developer adalah HTML. HTML merupakan singkatan dari Hypertext Makrup Language. HTML dapat juga dikatakan sebagai kerangka sebuah website.

2. CSS

Cascading Style Sheet atau biasa dikenal dengan singkatan CSS merupakan sebuah resource yang dapat digunakan untuk membuat tampilan website menjadi lebih menarik. Apabila HTML di ibaratkan sebagai kerangka maka CSS di ibaratkan sebagai kulit atau bisa juga diibaratkan sebagai pakaian.

Dengan menggunakan CSS kalian bisa membuat website kalian jauh lebih menarik dan juga jauh lebih interaktif. HTML dan CSS merupakan satu pasang hal yang tidak bisa dipisahkan lagi dan juga dikatakan sebagai hal yang penting untuk dipelajari.

3. PHP

Hal berikutnya yang perlu kalian pelajari untuk menjadi seorang web developer adalah PHP. PHP atau Hypertext Preprocessor merupakan sebuah bahasa pemrograman berbasis side server scripting.

Nah bila HTML diibaratkan sebagai kerangka dan CSS sebagai kulit apakah kalian bisa menebak PHP diibaratkan sebagai apa? Ya PHP diibaratkan sebagai otot. Kalian sebenarnya bisa membuat sebuah website sederhana hanya menggunakan HTML dan CSS saja.

Namun nantinya web tersebut akan bersifat statis. Yang dikatakan sebagai web statis adalah sebuah website yang mana untuk mengubah konten yang ditampilkan dilakukan dengan cara mengubahnya lewat script code nya langsung.

Nah dengan menggunakan PHP kalian bisa mengubah isi yang ditampilkan hanya melalui website saja tanpa merubah code yang sudah kalian tuliskan sebelumnya.

4. MySql

MySql merupakan salah satu jenis database yang sangat sering untuk digunakan dalam pemrograman web. Nah sebelumnya PHP diibaratkan sebagai otot. Maka MySql (databases) dapat diartikan sebagai otak dan juga organ lainnya.

Nantinya sebuah database akan digunakan untuk menyimpan beberapa informasi dan juga data. Dimana kalian bisa memanipulasi data tersebut menggunakan bahasa pemrograman yang mendukung dan salah satunya adalah bahasa pemrograman PHP.

5. Javascript

Hal terakhir yang bisa kalian pelajari atau mungkin juga sebagai tambahan adalah javascript. Javascript sendiri merupakan bahasa pemrograman berbasis Client Side Scripting.

Berbeda dengan PHP yang bekerja di belakang layar. Javascript nantinya akan bekerja di depan layar. Apabila kalian pernah membuka sebuah website dan mencoba login namun gagal lalu muncul sebuah box berisikan peringatan. Nah hal tersebut bisa dihasilkan oleh javascript.

 

Nah itulah panduan belajar Pemrograman Web yang dapat kalian coba. Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang web developer salah satunya adalah membuka jasa pembuatan landing page.