Ingin Homeschooling? Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya

Sekolah sebagai tempat belajar dan menimba ilmu, tentu sebagian besar orangtua ingin memasukkan anaknya ke sekolah jika sudah cukup usia sehingga tumbuh menjadi anak yang TambahPinter dan terampil. Sudah sejak lama sekolah homeschooling muncul, apakah kamu ingin mengikuti homeschooling? Sebelum memutuskannya maka kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

 

Apa itu Homeschooling?

Homeschooling atau bisa juga disebut dengan sekolah mandiri sebenarnya merupakan suatu metode pendidikan alternatif yang bisa dicoba selain sekolah formal. Sesuai dengan namanya, metode pendidikan yang satu ini memang dilakukan di rumah sehingga orang tua pun dapat memantau pembelajaran dan bagaimana sistem pengajaran yang tepat sesuai dengan minat dan bakat anak. Orangtua akan lebih jelas tahu gaya belajar sang anak.

Memang homeschooling ini tidak berbeda jauh dari sekolah formal, orang tua juga dapat mendatangkan staf pengajar ke rumah untuk mengajarkan sang anak dan kurikulumnya pun sesuai dengan yang ada di sekolah. Jadi perbedaannya ini terletak di suasana belajarnya saja, homeschooling dilakukan di rumah.

Kelebihan Homeschooling

Jika dibandingkan dengan sekolah formal, homeschooling ini memiliki keuntungan yaitu si anak akan mendapatkan perhatian penuh dari staf pengajar sehingga ia tidak perlu lagi menunggu giliran dalam mempelajari suatu hal. Tidak hanya itu saja, anak juga dapat menyesuaikan kecepatan belajar, berbeda dengan sekolah formal yang kecepatan belajarnya disama ratakan untuk semua anak.

Kalau anak bisa mengikuti pelajaran dengan baik, maka guru pun dapat melanjutkan belajar ke tahap yang selanjutnya. Namun jika anak sedang merasa kesulitan, maka guru akan terus mengajarkannya sampai anak dapat memahaminya dengan baik.

Ada berbagai kelebihan dari homeschooling ya. Dilansir dari TambahPinter, daftarnya antara lain:

  • Orang Tua dan juga anak bisa menentukan kapan dan durasi belajar.
  • Kelebihan yang kedua dari homeschooling yaitu anak bisa menentukan sendiri cara belajar atau topik yang sesuai dengan gaya belajar anak, kemampuan anak, dan juga minat sang anak. Dengan demikian ia bisa mengembangkan bakat sesuai dengan passion.
  • Memang kebanyakan sekolah formal sekarang ini telah menetapkan jadwal belajar yang cukup padat mulai dari pagi hingga sore hari. Sedangkan metode belajar homeschooling akan membiarkan anak mengatur waktu belajar sehingga lebih fleksibel dan waktu istirahat anak akan lebih lama.
  • Dan kelebihan yang terakhir adalah orangtua bisa langsung memantau perkembangan anak dalam belajar dan bagaimana pergaulannya.

Kekurangan Homeschooling

Selain kelebihan, homeschooling juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu diketahui, antara lain:

  • Karena tidak bersekolah formal, biasanya seorang anak homeschooling memiliki kehidupan sosial yang kurang luas sehingga cukup sulit untuk melakukan interaksi dengan teman sebaya.
  • Belum adanya standarisasi kurikulum.
  • Kurang melatih jiwa kompetitif anak.