Cara Penggunaan Gula Semut

Cara penggunaan gula semut yang merupakan gula aren atau gula merah yang telah dicairkan dengan menambahkan air hingga konsentrasi tertentu. Jenis gula ini diproduksi secara besar besaran di banyak daerah di Indonesia, terutama di daerah yang banyak pohon arennya.

Nama gula semut sendiri berasal dari bentuk dan warna sarang semut yang menyerupai pasir berwarna coklat. Pengolahannya tidak jauh berbeda dengan pengolahan gula aren peras yaitu pada tahap memasak nira sampai mengental.

Pada pengolahan gula pres, setelah diperoleh nira yang kental, lalu dikeluarkan dari tungku dan melakukan pencetakan, sedangkan saat pengolahan gula semut, setelah diperoleh nira yang kental dilanjutkan proses pendinginan dan kristalisasi menggunakan mesin kristalisasi gula.

Kristalisasi terjadi dengan pengadukan yang lembut. Semakin lama, semakin cepat pencampuran berlangsung sampai terbentuk bubuk gula.

 

Penggunaan Gula Semut

Gula yang sering dikenal dengan nama gula plasma ini mempunyai partikel bubuk kecil dengan aroma yang khas dan berwarna kuning kecoklatan. Justru karena bentuknya yang bubuk inilah gula ini mempunyai kelebihan dibanding gula merah serta gula aren.

Tidak hanya lebih mudah larut, gula semut juga lebih mudah disajikan, juga mudah dikemas dan mempunyai usia simpan yang cukup lama karena kandungan airnya yang lebih rendah.

Sari aren yang merupakan bahan utama pembuatan gula semut juga sebagai pemanis dengan kandungan energi yang lebih rendah dibandingkan dengan sari tebu yang biasa digunakan untuk membuat gula pasir.

Gula jenis ini sering dipakai sebagai pengganti gula pasir untuk pemanis minuman, masakan, kue dan lainnya. Berkat umur simpannya yang panjang, gula cetakan tidak membutuhkan bahan pengawet tambahan. Banyak restoran dan hotel berbintang juga lebih suka menggunakan gula semut ketimbang gula pasir dalam menu mereka.

Namun dapat dikatakan proses pembuatan gula semut cukup sulit sehingga umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan gula lainnya.

 

Manfaat dari Gula Semut

Bisa Menambah Semangat

Jika saat ini anda merasa kehilangan semangat sebab energi tubuh anda sedang menurun. Manfaatkan gula semut mulai dari sekarang. Gula semut mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah.

Tetapi, hal ini yang dapat memicu energi ekstra untuk menyelesaikan tugas sehari hari. Cukup tambahkan gula semut di pagi hari sebagai pengganti minuman manis anda.

Kolesterol Menjadi Terkontrol

Kolesterol memang dibutuhkan dalam tubuh, tetapi dalam jumlah yang sesuai. Ketika kolesterol naik, dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada tubuh, seperti penyakit jantung.

Karena itu, menjaga kadar kolesterol menjadi sulit sulit mudah. Penderita kolesterol disarankan untuk mengurangi makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh.

Gula pasir mengandung niasin yang baik untuk menjaga kolesterol pada tubuh. Jika kolesterol anda meningkat, cobalah konsumsi gula ini secara teratur dan pantau perubahannya.

Menambah Daya Tahan Tubuh

Keunggulan gula semut lainnya terletak pada peningkatan daya tahan. Gula ini mengandung senyawa yang bisa menjaga daya tahan tubuh dan tubuh tidak gampang terserang penyakit luar.

Ada juga kebiasaan menjaga daya tahan tubuh yaitu rutin minum air gula semut, Anda juga bisa berolahraga. Ada faktor melemahkan sistem kekebalan, seperti dehidrasi, kelelahan terus menerus, dan cuaca buruk.

 

Itulah cara penggunaan gula semut dan sedikit manfaatnya. Anda juga bisa membuat gula semut dengan efektif jika menggunakan mesin gula semut.