biaya tes kesehatan pranikah di puskesmas

Biaya Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas, Jenis dan Syarat

Menikah adalah salah satu momen penting dalam hidup yang membutuhkan persiapan matang, baik dari segi mental, fisik, maupun administrasi. Salah satu persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon pengantin adalah melakukan tes kesehatan pranikah.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan calon pasangan, mencegah penularan penyakit, dan mendeteksi adanya kelainan genetik yang bisa berpengaruh pada keturunan.

Tes kesehatan pranikah bisa dilakukan di berbagai tempat, seperti rumah sakit, klinik, atau puskesmas. Namun, jika Anda ingin mencari tempat yang lebih terjangkau dan mudah diakses, maka puskesmas bisa menjadi pilihan yang tepat. Di puskesmas, Anda bisa mendapatkan pelayanan tes kesehatan pranikah yang lengkap dan profesional dengan biaya yang relatif murah.

Namun, sebelum Anda melakukan tes kesehatan pranikah di puskesmas, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu, seperti apa saja jenis tes yang dilakukan, berapa biayanya, apa saja syaratnya, dan bagaimana prosedurnya. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai biaya tes kesehatan pranikah di puskesmas yang bisa Anda simak.

biaya tes kesehatan pranikah di puskesmas

Jenis Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Tes kesehatan pranikah di puskesmas biasanya meliputi beberapa jenis tes, yaitu:

  • Tes darah, untuk mengetahui golongan darah, kadar hemoglobin, kadar gula darah, fungsi hati, fungsi ginjal, dan status imunisasi hepatitis B.
  • Tes urine, untuk mengetahui adanya infeksi saluran kemih, diabetes, atau penyakit ginjal.
  • Tes feses, untuk mengetahui adanya infeksi usus, cacingan, atau penyakit pencernaan lainnya.
  • Tes TORCH, untuk mengetahui adanya infeksi toksoplasma, rubella, cytomegalovirus, atau herpes simplex yang bisa berbahaya bagi janin.
  • Tes HIV, untuk mengetahui adanya infeksi virus HIV yang bisa menyebabkan AIDS.
  • Tes sifilis, untuk mengetahui adanya infeksi bakteri Treponema pallidum yang bisa menyebabkan penyakit kelamin menular.
  • Tes thalasemia, untuk mengetahui adanya kelainan genetik yang menyebabkan produksi hemoglobin abnormal.
  • Tes rhesus, untuk mengetahui adanya faktor rhesus yang bisa menyebabkan konflik darah antara ibu dan janin.
  • Tes kesehatan reproduksi, untuk mengetahui kondisi organ reproduksi, seperti rahim, ovarium, saluran tuba, testis, prostat, dan saluran sperma.
  • Tes psikologis, untuk mengetahui kondisi mental, emosional, dan kepribadian calon pasangan.

Biaya Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Biaya tes kesehatan pranikah di puskesmas tergantung dari tarif yang sudah ditetapkan di puskesmas atau oleh peraturan daerah. Umunya, biaya tes Kesehatan pranikah di puskesmas sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 50.000. Anda bisa menggunakan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan biaya yang lebih terjangkau.

Namun, biaya tes kesehatan pranikah di puskesmas juga bisa berbeda-beda tergantung dari jenis tes yang dilakukan. Beberapa tes mungkin membutuhkan biaya tambahan, seperti tes TORCH, tes HIV, tes sifilis, tes thalasemia, tes rhesus, atau tes kesehatan reproduksi. Untuk mengetahui biaya tes kesehatan pranikah di puskesmas secara pasti, Anda bisa menghubungi puskesmas terdekat atau mengunjungi situs web resmi puskesmas.

Syarat Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Untuk melakukan tes kesehatan pranikah di puskesmas, Anda harus memenuhi beberapa syarat, yaitu:

  • Membawa KTP elektronik calon pengantin.
  • Kartu keluarga (KK).
  • Surat pengantar RT RW.
  • Membawa BPJS Kesehatan (jika ada).
  • Membawa surat keterangan nikah dari KUA (jika sudah ada).
  • Membawa hasil tes kesehatan pranikah dari tempat lain (jika sudah pernah melakukan).

Semua dokumen syarat di atas harus difotokopi menjadi 2 lembar. Selain itu, Anda juga harus membawa dokumen aslinya karena biasanya petugas akan menanyakannya.

Prosedur Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Setelah Anda memenuhi syarat tes kesehatan pranikah di puskesmas, Anda bisa mengikuti prosedur tes kesehatan pranikah di puskesmas, yaitu:

  1. Datang ke puskesmas pada jam kerja dengan membawa dokumen syarat.
  2. Mendaftar di loket pendaftaran dengan menunjukkan dokumen syarat dan membayar biaya tes kesehatan pranikah.
  3. Mengambil nomor antrian dan menunggu giliran.
  4. Melakukan tes darah, urine, feses, TORCH, HIV, sifilis, thalasemia, rhesus, dan kesehatan reproduksi sesuai dengan petunjuk petugas.
  5. Melakukan tes psikologis dengan mengisi kuesioner atau berbicara dengan psikolog.
  6. Menunggu hasil tes kesehatan pranikah yang biasanya keluar dalam waktu 1-2 hari kerja.
  7. Mengambil hasil tes kesehatan pranikah di loket pendaftaran dengan menunjukkan bukti pembayaran dan nomor antrian.
  8. Membawa hasil tes kesehatan pranikah ke KUA untuk melengkapi persyaratan pernikahan.

 

Kesimpulan

Tes kesehatan pranikah di puskesmas adalah salah satu persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon pengantin sebelum menikah. Tes ini bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan calon pasangan, mencegah penularan penyakit, dan mendeteksi adanya kelainan genetik yang bisa berpengaruh pada keturunan.

Tes kesehatan pranikah di puskesmas meliputi beberapa jenis tes, seperti tes darah, urine, feses, TORCH, HIV, sifilis, thalasemia, rhesus, kesehatan reproduksi, dan psikologis. Biaya tes kesehatan pranikah di puskesmas tergantung dari tarif yang ditetapkan di puskesmas atau oleh peraturan daerah, namun biasanya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000. Anda bisa menggunakan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan biaya yang lebih terjangkau.

Untuk melakukan tes kesehatan pranikah di puskesmas, Anda harus memenuhi beberapa syarat, seperti membawa KTP elektronik, KK, surat pengantar dari RT dan RW, BPJS Kesehatan (jika ada), surat keterangan nikah dari KUA (jika sudah ada), dan hasil tes kesehatan pranikah dari tempat lain (jika sudah pernah melakukan). Anda juga harus mengikuti prosedur tes kesehatan pranikah di puskesmas, yaitu mendaftar, mengambil nomor antrian, melakukan tes, menunggu hasil, dan mengambil hasil.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai biaya tes kesehatan pranikah di puskesmas yang bisa Anda simak. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mempersiapkan pernikahan Anda. Selamat menikah dan semoga bahagia!