bahan kaos polyester

Bahan Kaos Polyester, Kelebihan dan Jenis-jenisnya

Kaos polyester, yang terbuat dari serat sintetis yang berasal dari biji plastik yang dipolimerisasi, adalah bahan yang umum digunakan dalam pembuatan kaos, terutama kaos olahraga.

Sebelum memilih bahan kaos polyester, Anda harus tahu beberapa kelebihan dan kekurangan dari bahan tersebut. Selain itu, bahan kaos polyester tersedia dalam berbagai jenis dalam hal karakteristik, kualitas, dan harga.

Sebelum kita melanjutkan jika Anda ingin memiliki bahan kaos yang berkualitas Anda bisa menggunakan Cetak kaos jogja adalah layanan yang menyediakan berbagai pilihan desain kaos yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan keinginan Anda.Ulasan menyeluruh tentang bahan kaos polyester dapat ditemukan di sini.

bahan kaos polyester

Apa itu Bahan Kaos Polyester?

Kaos polyester terbuat dari 100% serat polyester, yang merupakan serat buatan yang berasal dari zat kimia, dan pertama kali dibuat dan dipasarkan di Inggris pada tahun 1941 oleh JR Whinfield dan JT Dickson. Kaos polyester tidak mudah kusut dan mudah kering karena tidak menyerap air. Itu juga halus, kuat, dan tahan lama.

Kelebihan Bahan Kaos Polyester

Kaos polyester memiliki beberapa kelebihan, yang membuatnya pilihan yang bagus untuk digunakan sebagai bahan pakaian, terutama kaos olahraga. Berikut adalah beberapa kelebihan dari bahan kaos polyester :

1. Tahan lama

Kaos polyester tahan terhadap sinar matahari dan tidak mudah pudar atau berubah warna karena seratnya yang kuat dan tahan terhadap gesekan.

2. Tidak Mudah Kusut

Kaos polyester tidak mudah kusut karena sifatnya yang elastis, sehingga tidak mudah berkerut atau kusut. Anda juga tidak perlu menyetrikanya setelah dicuci karena bahan akan kembali seperti awal.

3. Mudah Kering

Sifat hidrofobik kaos polyester membuatnya mudah kering baik dicuci maupun terkena keringat. Karena tidak menampung bakteri atau jamur, bahan ini tidak berbau.

4. Beragam Pilihan

Kaos polyester dapat dicetak dengan mudah dengan berbagai jenis sablon, seperti sablon digital, plastisol, atau sablon karet. Warna, motif, dan corak kaos polyester sangat beragam.

5. Ringan dan Fleksibel

Kaos polyester ringan dan fleksibel, sehingga tidak memberatkan saat dipakai. Selain itu, bahan ini sangat fleksibel, sehingga sesuai dengan bentuk tubuh dan gerakan pengguna.

Kekurangan Bahan Kaos Polyester

Meskipun bahan kaos polyester memiliki banyak kelebihan, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Beberapa kekurangan bahan kaos polyester adalah :

1. Kurang Nyaman

Ketika dibandingkan dengan katun, kaos polyester memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus. Karena kurangnya sirkulasi udara, bahan ini dapat menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit yang sensitif.

2. Kurang Ramah Lingkungan

Karena terbuat dari plastik, kaos polyester membutuhkan banyak energi dan bahan kimia, sehingga tidak mudah terurai oleh alam.

3. Mudah Menimbulkan Listrik Statis

Kaos polyester mudah menimbulkan listrik statis yang terjadi saat bahan bergesekan dengan benda lain. Listrik statis ini dapat menyebabkan gatal, kesetrum, atau menarik debu dan kotoran.

4. Mudah Meleleh

Kaos polyester memiliki titik leleh yang rendah, sekitar 260°C, jadi jika meleleh di api, setrika panas, atau benda panas lainnya, bisa menempel pada kulit, menyebabkan luka bakar.

Jenis-Jenis Bahan Kaos Polyester

Berdasarkan tipe, kualitas, dan harganya, bahan kaos polyester terbagi menjadi beberapa jenis:

1. Bahan Polyester Murni

Bahan ini hanya terbuat dari serat polyester sepenuhnya, tanpa campuran bahan lain. Karena ringannya, mudah kering, dan tidak mudah kusut, bahan ini biasanya digunakan untuk membuat kaos olahraga.

Namun, karena tidak menyerap keringat dan tidak adem, bahan ini tidak nyaman digunakan. Selain itu, bahan ini mudah menghasilkan listrik statis dan meleleh. PE adalah contoh polyester murni.

2. Bahan Lacoste CVC Pique

Bahan ini terdiri dari campuran serat polyester dan katun, dengan 60% polyester dan 40% katun. Bahan ini memiliki tekstur berpori-pori yang mirip dengan kain rajutan. Biasanya digunakan untuk membuat polo shirt atau kaos berkerah.

Karena mampu menyerap keringat dan adem, bahan ini cukup nyaman digunakan. Variasi warna bahan ini sangat luas. Namun, bahan ini dapat menjadi berbulu dan berkerut dengan mudah. Selain itu, bahan ini mudah menghasilkan listrik statis dan meleleh. Salah satu contoh bahan lacoste CVC pique adalah lacoste.

3. Bahan Hycon

Bahan ini terdiri dari campuran serat polyester dan spandex, dengan komposisi 95% polyester dan 5% spandex. Bahan ini mirip dengan kain sutra dalam hal teksturnya yang halus dan licin.

Karena sifatnya yang elastis, mengikuti bentuk tubuh, dan menonjolkan lekuk tubuh, bahan ini biasanya digunakan untuk membuat kaos wanita. Bahan ini juga nyaman digunakan karena menyerap keringat dan adem.

Variasi warna bahan ini sangat luas. Bahan ini tetap mudah berkerut dan meleleh. Bahan ini dapat menghasilkan listrik statis juga. Spandek adalah salah satu contoh bahan hycon.

4. Bahan Woven

Bahan ini terdiri dari campuran serat polyester dan katun yang terdiri dari 65% polyester dan 35% katun. Bahannya kasar dan tebal seperti denim. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat celana, jaket, atau kaos lengan panjang.

 

Itulah bahan kaos polyester. Kaos polyester terbuat dari serat sintetis yang berasal dari polimerisasi biji plastik. Bahan ini tahan lama, tidak mudah kusut, mudah kering, beragam pilihan, ringan, dan fleksibel.

Namun, bahan ini tidak nyaman, tidak ramah lingkungan, mudah menimbulkan listrik statis, dan mudah meleleh. Bahan kaos polyester berasal dari berbagai jenis, termasuk polyester murni, CVC pique lacoste, hycon, dan terwoven. Jika Anda ingin bahan yang berkualitas Anda bisa menggunakan jasa Sablon kaos jogja dengan kualitasnya yang oke. Bahan ini baik untuk pakaian olahraga tetapi tidak baik untuk pakaian biasa.