peluang usaha santan kelapa

Peluang Usaha Santan Kelapa yang Menguntungkan

Banyak peluang usaha yang bisa kita manfaatkan saat ini, salah satunya peluang usaha santan kelapa. Santan kelapa merupakan salah satu bahan yang biasanya dipakai untuk membuat makanan khas. Biasanya di beberapa hari besar santan kelapa sangat dibutuhkan.

Apabila kamu tinggal di pedesaan mungkin kamu akan lebih mudah memproduksi santan kelapa sendiri karena banyak pohon kelapa di pedesaan. Namun, apabila kamu tinggal di daerah kota pasti kamu harus membeli kelapa dulu lalu diparut dan diperas sendiri.

Fenomena fakta seperti itu membuat adanya peluang usaha baru yang mempunyai prospek bagus yaitu peluang usaha santan kelapa. Usaha ini cocok untuk kamu yang mempunyai keinginan untuk memulai sebuah usaha.

 

Memulai Usaha Santan Kelapa

peluang usaha santan kelapa

Berikut ini hal yang harus kamu pertimbangkan apabila kamu ingin memulai usaha santan kelapa.

1. Prospek Usaha

Jika kamu akan memulai usaha santan kelapa ini, kamu harus mengetahui bagaimana prospek usaha santan kelapa ini. Prospek usaha santan kelapa ini memang bisa dibilang menguntungkan. Yang berarti usaha ini bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan. Hal ini yang menjadikan usaha ini patut untuk dikembangkan.

2. Modal

Hal pertama kali yang harus kamu siapkan adalah modal yang cukup. Modal ini dipakai untuk membeli semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk memulai usaha santan kelapa. Hal ini memiliki hubungan dengan proses produksi santan kelapa.

Pastikan modalnya cukup untuk membeli semua perlengkapannya, terlebih untuk membuat santan kelapa membutuhkan beberapa mesin. Mesin pemeras santan pastinya dibutuhkan dalam produksi. Dengan adanya mesin pengolah santan tersebut bisa mempermudah kamu dalam menjalani usaha ini.

3. Jenis-jenis Santan Kelapa

Mungkin jenis santan yang sering kamu temukan adalah jenis santan cair. Namun, ada juga jenis santan bubuk yang banyak dijual dipasaran. Jenis santan bubuk lebih mudah untuk dijual dalam bentuk kemasan.

Hal ini karena santan bubuk lebih tahan lama, berbeda dengan jenis santan cair karena akan lebih cepat basi. Apabila kamu hanya ingin menjual di sekitar daerah tempat tinggalmu, kamu bisa juga menjual santan yang berbentuk cair.

4. Pasokan Kelapa

Kamu harus melakukan survei terlebih dulu guna melihat apakah di sekitar daerah tempat jualanmu ada penjual buah kelapa atau tidak. Jika ada, kamu bisa melakukan kerja sama dengan penjual kelapa tersebut.

Namun pastikan cocok dengan harga dan kualitasnya. Apabila di sekitar daerah tempat jualanmu tidak ada yang menjual kelapa, kamu bisa mencari pemasok kelapa di tempat lain. Kamu harus mempertimbangkan ongkos kirimnya.

Pastikan cari pemasok kelapa yang terpercaya dan memiliki buah kelapa yang berkualitas.

5. Target Market

Kamu harus tau siapa saja yang bisa menjadi target market usaha kamu. Cari distributor untuk membantu menjualkan produk yang kamu punya. Biasanya target market dari santan kelapa yaitu ibu rumah tangga.

Namun, beberapa orang yang memiliki usaha di bidang kuliner juga bisa menjadi target market kamu. Bisa saja kamu memasarkan santanmu ke beberapa tempat makan.

6. Manfaat Santan Kelapa

Sebelum kamu menjual santan kelapa, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenal manfaat santan kelapa. Berikut ini beberapa manfaat santan kelapa, yaitu :

  • Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
  • Memelihara fungsi otak
  • Bisa mencegah kanker
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Bisa menjaga berat badan
  • Mengurangi peradangan dan juga ukuran tukak lambung
  • Bisa menetralkan zat berbahaya
  • Dapat menyeimbangkan elektrolit
  • Mencegah anemia
  • Baik untuk rambut dan juga kulit
  • Meningkatkan kesehatan gastrointestinal

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menjalankan usaha santan kelapa. Semoga bisa menjadi acuan untuk kamu yang ingin menjalankan usaha santan kelapa.