5 Minuman Khas Jepang Terkenal di Dunia yang Segar dan Dingin

Ketika mendengar kata Jepang, apa yang langsung terbayangkan? Apakah sushi, teknologi yang canggih atau minumannya? Bukan rahasia lagi kalau minuman khas Jepang terkenal di dunia. Rasanya yang unik dan khas membuatnya nyaris tidak bisa direplikasi oleh negara-negara lain.

Apa saja minuman khas Jepang terkenal di dunia yang ada di Indonesia? Beberapa di antaranya adalah matcha, ocha, sake, dan lain-lain. Saat kamu pergi ke Negeri Sakura, jangan sampai lupa untuk mencicipi minuman-minuman berikut ini!

 

1. Matcha

Matcha cake, matcha boba, matcha pudding dan lain-lain merupakan kreasi dari teh hijau asli Jepang ini. Meski rasanya sedikit pahit, menurut kulineran.net minuman khas jepang terkenal di dunia ini sudah membudaya luas ke berbagai negara di belahan dunia.

Di Jepang, teh matcha disajikan di gelas tanpa menambahkan gula. Umumnya minuman ini disajikan ketika ada upacara-upacara tertentu. Tetapi kamu bisa meminta untuk menambahkan gula jika menyukai rasa manis.

2. Ocha

Jepang dikenal sebagai produsen teh hijau yang beragam. Selain matcha, ocha juga termasuk sebutan varian teh hijau berkualitas tinggi dari Jepang. Hampir setiap restoran Jepang di Indonesia menyajikan minuman ini. Rasanya yang segar dan nikmat memiliki ciri khasnya tersendiri.

Di Jepang, teh ocha dibagi lagi menjadi beberapa jenis, di antaranya kukicha, sencha, gyokura dan genmaicha.

3. Shochu

Minuman khas Jepang terkenal di dunia selanjutnya adalah shochu. Minuman beralkohol ini berbahan dasar filtrasi umbi yang diproses dengan cara penyulingan. Kandungan alkohol shochu juga lebih tinggi daripada sake. Jadi, sebaiknya minum secukupnya saja.

4. Sake

Kebanyakan orang mengira sake adalah minuman beralkohol. Padahal, ada juga sake yang bebas alkohol. Sake dihasilkan dari fermentasi beras. Kalau dibandingkan dengan kepunyaan Indonesia, sake mirip dengan air tape. Tetapi jelas rasa sake jauh lebih lezat.

5. Kakigori

Bagi kamu yang suka minuman manis, wajib sekali mencicipi kakigori, yaitu es serut yang disajikan bersama susu kental manis atau sirup, matcha dan potongan buah. Kalau dilihat sekilas, kakigori sebelas dua belas dengan es serut Indonesia, hanya saja diberi tambahan topping yang lebih banyak.

Minuman ini sangat populer di musim panas untuk meredakan panas. Meski kakigori sudah ada sejak abad ke-8, minuman ini masih banyak digemari oleh penduduk Jepang hingga mancanegara.

Kamu tak perlu menunggu musim panas untuk mencicipi minuman khas Jepang terkenal di dunia ini. Beberapa toko kini menyajikan kakigori selama setahun penuh.